#Perempuan Mixtape by Tora

 

for-web
“Kenapa ‘perempuan’?”

Pertanyaan ini beberapa kali terdengar ketika gue pertama kali melemparkan judul mini-mixtape ini. Jawaban sederhananya ya memang karena keempat lagu yang ada di mixtape ini adalah mengenai perempuan; mulai dari sekedar one night stands, flings, sampai benar-benar jatuh cinta. Dan sejujurnya perempuan memang adalah salah satu muse terbesar untuk karya-karya gue.

Jika karya adalah keris, para perempuan ini adalah empu yang menempanya.

Dan itulah alasan kenapa judul “perempuan” ini dipilih alih-alih “wanita”. Gue menyadari betapa besar peranan mereka dalam membentuk karya gue. Mulai dari senang, sedih, jatuh cinta, patah hati, semua adalah pintu untuk mengeksplor berbagai sudut karya, dan gue memuja mereka sebagai bagian yang tak terlepaskan dari hidup ini.

Perempuan. Bukan wanita yang harus selalu gemulai dan anggun seolah hanya bisa menjadi pasangan seorang pria.

Perempuan. Bukan gadis atau dara yang ditinggikan hanya karena selaput tipis yang fana.

Perempuan. Puan yang terhormat, yang mampu memilih bukan hanya dipilih, yang berani datang dan pergi, yang mandiri, yang berani. Perempuan, kata yang berdaya untuk menggambarkan mereka yang mengampu hidup gue.

Tapi sudahlah, preambule ini sudah menjadi terlalu pretensius untuk empat lagu yang berbicara utamanya mengenai seks dan jatuh cinta. Sila klik tombol “download” di bawah untuk mengambil keempat lagu ini secara gratis, tapi gue mohon bantuannya untuk meng-klik tombol “share” juga untuk membantu agar lagu-lagu ini tersebar semakin luas.

This is my first real step in the game, I’d really appreciate any kind of help you can give to support me as an artist.

Terima kasih!
– T

Share it: