J, WUMF

j

Setelah kemarin gw nulis soal Luna Sea, sekarang kayaknya supaya afdol gw tulis soal masing-masing proyek solo personilnya. Nggak semuanya sih, cuma yang menarik ke gue aja, dan gw akan berfokus ke sang bassist, J.

Kenapa dia? Ini penjelasan singkat, karena setiap member Luna Sea proyek solonya ketika disband (pertama kali dan kedua kalinya) berbeda-beda mulai dari genre sampai respons audiens. Ryuichi Kawamura merilis album pop dan di 2011 ini baru saja merilis sebuah album cover yang… let’s say dia itu seperti Ronan Keatingnya Jepang. Title track dari albumnya adalah Bee Gees punya “How Deep is Your Love” yang dibikin lebih mendayu-dayu. Percayalah, BISA. SUGIZO sendiri lagunya agak ngejablai dengan sound techno dan solo gitar ala… well… dia. Jujur aja, album solo Sugi agak mengecewakan gw sebagai pendengar setia Sonora, there’s something missing aja. Inoran sendiri lagunya puya kecenderungan shoegazing dengan ritem gitar yang cukup “Luna Sea”. Karakternya kebaca lah, tapi karena gue pribadi nggak ngefans sama shoegaze ya… agak susah untuk gw suka. Inoran sekalipun.

J sendiri musiknya jauh lebih keras, raw, dan dengan vokalnya yang juga kasar. Spiritnya yang selalu meledak-ledak dari jaman Luna Sea (doi hobi lempar stand mic dan beberapa kali nyasar ke speaker dan/atau drum) membuat solo dia yang paling nyangkut di gw. Apalagi dengan slogan yang ditulis (kayaknya sih pake tipp ex) di bassnya dia; “wake up, motherfucker…!” (disingkat WUMF) kelihatan dong karakter dianya ini bagaimana. Jujur, gw baru ngesearch solo mereka beberapa lama sebelum ini karena sekarang akses untuk ngedengerin jauh lebih gampang dibanding… say… 2001.

…shit, udah 10 tahun.

Mungkin buat yang mau gampangnya, solo J ini jadi kayak semacam counterpart Jepang untuk Foo Fighter. I’ll give you one video:

(oke, gw rasa di sini pasti akan banyak wawanita yang suka Paman yang satu ini)

…apa, masih ada yang nanya solo albumnya Shinya? Selepas 2000, doski udah nggak bikin musik lagi. Bikinnya sekarang anak, berhubung nikahnya sama alumni Morning Musume =P.

RustyrevolveR

0 thoughts on “J, WUMF”

  1. klo menurut gw tipe lagu J itu terdengar amrik bgt, klo SUGIZO itu terdengar british plus techno dan oplosan2 lain dengan scale ala SUGIZO, klo Inoran itu terdengar lbh british shoe-gaze (eh, btw american shoe-gaze ada emg? biasanya yg shoe-gaze eropa2 gt kan ya?), klo Ryuichi… ga pernah tertarik dengerin lagu dy ntah mengapa.,
    nah, klo Shinya., klo ga salah dy main belakang layar, jd produser gt (stlh solonya gagal ya?)., kynya kbanyakan yg diorbitin solois2 cw gt (mgkn akses dr istrinya? atau gara2 istrinya? yah bgitulah)..
    yah, Luna Sea besar krn individu2 yg hebat mau bersatu dan mengesampingkan ego yg berlebihan dr seorang seniman.

Leave a Reply